Pahawang

Pulau di Lampung yang satu ini disebut-sebut juga sebagai surga tersembunyi, salah satu spot snorkeling yang indah dan masih belum begitu banyak di jamah orang. Nah disini kami tuliskan info seputar pulau Pahawang selengkap mungkin.

Area pulau pahawang sebetulnya terdiri dari dua pulau ;

Pulau Pahawang Besar

Merupakan pulau utama. Disini terdapat penduduk, penginapan dan juga fasilitas lainnya. Luas pulau ini kurang lebih 1000 hektar dan di huni oleh kurang lebih 1000 kepala keluarga.

Di Pahawang besar sudah terdapat fasiltias umum seperti puskesmas, dan juga sekolah. Biasanya pengunjung yang wisata ke pulau pahawang menginap di pulau pahawang besar.

Pulau Pahawang Kecil

Letak pulau Pahawang kecil tidak jauh dari Pahawang besar. Luasnya kurang lebih 13 hektar. Menurut informasi, pulau ini dikelola/dimiliki secara privat oleh warga negara asing yang dikenal penduduk dengan sebutan mr. Joe. Disini terdapat cottage. Tapi karena private jadinya tidak bisa bebas dikunjungi oleh wisatawan.

Area sekitar pulau Pahawang kecil juga jadi salah satu destinasi wisata favorit bagi wisatawan yang snorkeling disini.

Menuju ke tempat wisata pulau Pahawang, ada beberapa area yang terkenal dan jadi tujuan utama para wisatawan. Tempat-tempat tersebut antara lain;

Pulau Kelagian Besar

Pulau kelagian besar memiliki pasir pantai putih yang indah. Pulau ini tidak berpenghuni karena memang sering dijadikan tempat latihan oleh pasukan TNI AL.

Tapi, turis bisa berkunjung dan menikmati suasana sekitar pulau Kelagian Besar

Pulau Kelagian Kecil

Pulau Kelagian Kecil sering jadi spot snorkeling pertama yang dikunjungi. Letaknya satu rute ke pulau Pahawang, jadi banyak operator tour yang menjadikan tempat ini sekaligus sebagai destinasi yang di kunjungi.

Luasnya kurang lebih 1 hektar saja. Pengunjung biasanya memang lebih memilih pulau Kelagian Kecil dibanding pulau Kelagian Besar, karena suasana alamnya yang menurut banyak orang lebih indah. Lebih kena suasana pantainya.

Wisata Taman Nemo

Di sekitar Pahawang Besar terdapat banyak spot snorkeling unik yang dikenal dengan taman nemo. Spot-spot snorkeling ini banyak jadi tujuan, karena disini kita bisa dengan mudah melihat ikan nemo di habitat alamnya.

Ikan nemo? maksudnya adalah ikan badut atau ikan giru. Di luar negeri dikenal dengan nama clown fish. Disebut ikan nemo disini mungkin karena terkenal menjadi tokoh utama di film animasi terkenal; Finding Nemo.

Di spot Taman nemo, kita bisa melihat ikan-ikan ini bebas berkeliaran di sekitar anemon laut yang menjadi tempat tinggalnya.

Tanjung Putus

Tanjung Putus merupakan jembatan alami yang unik yang menyambungkan pulau Pahawang kecil dengan pulau Tanjung Putus.

Disebut unik karena jembatan pasir alami ini hanya muncul di saat laut sedang surut. Jika pasang naik, maka jembatan alami ini akan tenggelam kembali. Unik bukan?

Sekitar Pulau Pahawang Besar Dan Pahawang Kecil

Nah, Pahawang besar jadi tujuan utama wisatawan disini. Selain itu buat yang menginap, pulau ini juga jadi tempat istirahat. Disini kita bisa menginap di penginapan ataupun wisma-wisma penduduk yang bisa di sewa.

Disini tidak cuma snorkeling, kita bisa juga menikmati suasana pantai di sekitar pulau di saat sunrise dan sunset, berjalan-jalan di pasir pantai, dan lain sebagainya. Pantai Pahawang merupakan salah satu pantai di Lampung yang direkomendasikan traveller.

 

Rute Ke Pulau Pahawang Lampung

Ada beberapa rute ke pulau Pahawang yang bisa digunakan. Mau backpacker ke pulau pahawang ? Berikut ini adalah rute ke pulau pahawang Lampung yang kami kutip dari facebook Pahawang island :

  1. Dari Pelabuhan Bakauheni naik bus menuju Bandar Lampung berhenti di Terminal Rajabasa (sekitar 2 jam). Naik angkot jurusan Rajabasa-Tanjung Karang (angkot warna biru, sekitar 30 menit tergantung kepadatan jalan) berhenti di Pasar Bawah Ramayana, naik lagi angkot jurusan Tanjung Karang-Teluk Betung (angkot warna marun/ungu) berhenti di Gudang Garam lalu naik angkutan pick up menuju Dermaga Ketapang (sekitar 1 jam). Ongkos bus dari Bakauheni-Rajabasa 25.000 angkot 3000 perak n ongkos angkutan pick up sampai ketapang 8.000-10.000.
  2. Dari Pelabuhan Bakauheni naik bus menuju Bandar Lampung berhenti di Terminal Rajabasa lalu naik Bus Damri jurusan Rajabasa-Piyabung, minta kepada kondektur untuk menurunkan di Dermaga Ketapang, ongkosnya sekitar 10.000 perak tapi bus ini hanya beroperasi 1 kali satu hari sekitar jam 7 pagi jadi pastikan kalau mau naik damri pas waktunya dengan jadwal keberangkatan bus. Alternatif DAMRI bisa menggunakan kendaraan angkutan pick up ke dermaga Ketapang.
  3. Jika ingin menggunakan kendaraan pribadi dari Pelabuhan Bakauheni menuju Bandar Lampung menuju Bunderan Gajah lurus ke arah Teluk Betung lalu kea rah Padang Cermin/Way Ratai. Ada penunjuk jalan yang bisa memandu supaya tidak tersesat. Jalur yang sama bisa ditempuh dari Terminal Rajabasa perkiraan waktu perjalanan sekitar 1 -1.5 jam.
Loading Maps
View
Normal Midnight Family Fest Open dark Riverside Ozan
My Location Fullscreen

Total: 1 tour .    Showing 1 - 1 view all

Search for Tour

Not what you're looking for? Try your search again

Quick Options
Documentation Video Tutorials Purchase Now

Color Scheme

Homepages Demo